User Interface vs User Experience

Sebelum membahas mengenai User Interface dan User Experience, kita harus mengetahui tentang apa itu Human Computer Interaction (HCI). Karena User Interface dan User Experience termasuk salah satu bagian dari Human Computer Interaction (HCI).

Semakin berkembangnya zaman maka interaksi antara manusia dan komputer semakin menarik bahkan terkesan natural. Jika kita mengingat pada awal munculnya komputer dengan tampilan layar hitam disertai huruf dan angka yang berbaris memenuhi layar, hingga saat ini, komputer sudah menampilkan berbagai macam warna dan icon untuk mempermudah pengguna dalam memahami berbagai macam fungsi yang tersedia. Tidak sampai disitu, saat ini manusia bisa berinteraksi dengan komputer dengan sentuhan, gasture dan suara untuk berinteraksi, dan hal ini terus dikembangkan agar manusia dapat berintraksi senatural mungkin dengan komputer.
Untuk meningkatkan interaksi manusia dan komputer tentu kita harus meningkatkan dari 2 sisi tersebut (pengguna dan komputer). Kita harus bisa mendesain bagaimana komputer bisa lebih mudah digunakan oleh manusia dari interface yang disuguhkan. terdapat 3 poin utama dari kalimat yang saya sebutkan diatas.

1.  Komputer (sebagai produk)
2.  Pengguna (sebagai customer)
3.  Usability (sebagai tolak ukur kesuksesan produk bagi customer)

Ketika komputer pertama kali diperkenalkan  dan dipasarkan kepada masyarakat luas, saat itu juga kita mengenal operating system (OS). Operating sistem ini membuat masyarakat lebih mudah menggunakan komputer dengan adanya graphical User interface (GUI) yang dapat merepresentatifkan berbagai fungsi dengan sebuah tampilan yang familiar.
Sama halnya dengan apps dan website, perkembangan device yang sangat cepat, diikuti munculnya berbagai OS, apps dan website dengan interface yang mudah dimengerti, membuat pengguna lebih mudah mempelajari dan menggunakan sebuah teknologi yang disuguhkan. Seseorang yang berada dibalik perkembangan “interface yang mudah digunakan” inilah yang disebut dengan User Experience Designer.

User Interface

Tujuan utama dari UI adalah menampilkan interface yang memiliki keseragaman yang baik dari segi warna, font, gambar dll.

User Experience

User experience memiliki ranah yang lebih luas dari UI, karena ranah UX ini dimulai dengan research pasar – pengguna yang kemudian diimplementasi kedalam sebuah interface. Ya UI adalah bagian dari UX dimana UI merupakan produk akhir dari UX. User experience designer mampu menghasilkan user interface yang mudah digunakan oleh target penggunanya. Karena ranah UX ini terlihat cukup luas, pada beberapa perusahaan memecah UX designer menjadi 2 kelompok, UX Researcher dan UI Designer untuk menciptakan user experience dari suatu apps atau website yang baik.
Seorang user experience designer bisa menjawab mengapa suatu tombol itu terletak dibawah gambar dari konten utama, berwarna hijau, memilki icon bergambarkan kotak dengan panah kearah bawah. Apakah anda mengetahui tombol apa yang dimaksud? Jika iya itulah mindset yang sudah dibuat oleh seorang UX designer untuk menyesuaikan kemampuan dan pengalaman penggunanya. ya tombol yang dimaksud adalah sebuah tombol download.


Menurut saya, untuk menghasilkan sebuah UX yang baik sangat diperlukan UI yang baik. Namun, UI yang baik tidak menjamin bisa menciptakan UX yang baik. Karena itu semua tergantung dari apa tujuan dan harapan yang diinginkan target pengguna.


Kesimpulannya: UX bukan hanya  apa yang pengguna lihat, bukan hanya  menghasilkan desain yang menarik untuk dipandang, namun dapat menjawab mengapa desain tersebut seperti itu, desain yang mampu membuat perasaan pengguna nyaman ketika berhasil memperoleh tujuannya pada saat menggunakan suatu produk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Collaboration Diagram

Activity Diagram

Diagram Diagram UML