Activity Diagram

Apa itu Activity Diagram?
Diagram aktivitas secara visual menyajikan serangkaian tindakan atau aliran kontrol dalam sistem yang mirip dengan flowchart atau diagram alirdata . Diagram aktivitas sering digunakan dalam pemodelan proses bisnis. Mereka juga bisa menggambarkan langkah-langkah dalam use case diagram . Aktivitas yang dimodelkan bisa berurutan dan bersamaan.Dalam kedua kasus diagram aktivitas akan memiliki permulaan
Activity diagram example

Diagram dan Diagram Kegiatan Dasar Notasi dan Simbol

Initial State atau Start Point
Lingkaran kecil yang diikuti oleh panah mewakili keadaan tindakan awal atau titik awal untuk diagram aktivitas apa pun. Untuk activity diagram menggunakan swimlanes, pastikan start point diletakkan di pojok kiri atas kolom pertama.
Start point symbol - Activity diagram
Kegiatan atau Tindakan Negara
Status tindakan mewakili tindakan objek yang tidak dapat diinterupsi. Anda bisa menggambar sebuah tindakan di SmartDraw menggunakan persegi panjang dengan sudut membulat.
Activity symbol - Activity diagram
Aliran Tindakan
Aliran tindakan, juga disebut tepi dan jalur, menggambarkan transisi dari satu negara tindakan ke tindakan lainnya. Mereka biasanya digambar dengan garis panah.
Action flow - Activity diagram
Arus Obyek
Alur objek mengacu pada penciptaan dan modifikasi objek berdasarkan aktivitas. Panah alir objek dari suatu tindakan ke objek berarti bahwa tindakan menciptakan atau mempengaruhi objek. Sebuah panah aliran objek dari suatu objek ke suatu tindakan menunjukkan bahwa keadaan aksi menggunakan objek.
Object flow - Activity diagram
Keputusan dan Cabang
Berlian mewakili keputusan dengan jalur alternatif. Bila suatu aktivitas memerlukan keputusan sebelum beralih ke aktivitas berikutnya, tambahkan berlian di antara kedua aktivitas tersebut. Alternatif keluar harus diberi label dengan kondisi atau ekspresi penjaga. Anda juga bisa memberi label pada salah satu jalur "yang lain".
Decision symbol - Activity diagram
Penjaga
Di UML, penjaga adalah pernyataan tertulis di samping keputusan berlian yang harus benar sebelum bergerak disamping aktivitas selanjutnya. Ini tidak penting, namun bermanfaat bila jawaban yang spesifik, seperti "Ya, tiga label dicetak," diperlukan sebelum melangkah maju.
Guard symbol - Activity diagram
Sinkronisasi
Simpul garpu digunakan untuk membagi arus masuk tunggal menjadi beberapa aliran bersamaan. Ini diwakili sebagai garis lurus dan sedikit lebih tebal dalam diagram aktivitas.
Sebuah simpul bergabung menggabungkan beberapa arus konkuren kembali ke arus keluar tunggal.
Mode garpu dan join yang digunakan bersama sering disebut sebagai sinkronisasi.
Synchronization - Activity diagram
Waktu Acara
Ini mengacu pada peristiwa yang menghentikan arus untuk sementara waktu;sebuah jam pasir menggambarkannya.
Time event - Activity diagram
Gabung Event
Acara gabungan menyatukan beberapa arus yang tidak bersamaan.
Merging flows - Activity diagram
Sinyal Terkirim dan Diterima
Sinyal mewakili bagaimana aktivitas dapat dimodifikasi dari luar sistem. Mereka biasanya muncul dalam pasang sinyal yang dikirim dan diterima, karena keadaan tidak dapat berubah sampai respons diterima, seperti pesan sinkron dalam diagram urutan . Misalnya, otorisasi pembayaran diperlukan sebelum pesanan bisa selesai.
Sent and received symbols - Activity diagram
Mengganggu Ujung
Suatu peristiwa, seperti pembatalan, yang mengganggu aliran yang dilambangkan dengan petir.
Interrupting edge symbol - Activity diagram
Swimlanes
Aktivitas kelompok Swimlanes terkait menjadi satu kolom.
Swimlanes - Activity diagram
Final State atau End Point
Sebuah panah yang menunjuk ke sebuah lingkaran penuh yang bersarang di dalam lingkaran lain mewakili keadaan tindakan terakhir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Collaboration Diagram

Diagram Diagram UML