Activity Diagram
Apa
itu Activity Diagram?
Diagram aktivitas secara visual menyajikan serangkaian
tindakan atau aliran kontrol dalam sistem yang mirip dengan flowchart atau diagram alirdata . Diagram
aktivitas sering digunakan dalam pemodelan proses bisnis. Mereka juga bisa
menggambarkan langkah-langkah dalam use case diagram . Aktivitas
yang dimodelkan bisa berurutan dan bersamaan.Dalam
kedua kasus diagram aktivitas akan memiliki permulaan
Diagram dan Diagram Kegiatan Dasar Notasi dan Simbol
Initial State atau
Start Point
Lingkaran
kecil yang diikuti oleh panah mewakili keadaan tindakan awal atau titik awal
untuk diagram aktivitas apa pun. Untuk activity diagram menggunakan
swimlanes, pastikan start point diletakkan di pojok kiri atas kolom pertama.
Kegiatan atau
Tindakan Negara
Status
tindakan mewakili tindakan objek yang tidak dapat diinterupsi. Anda bisa menggambar sebuah tindakan di SmartDraw menggunakan
persegi panjang dengan sudut membulat.
Aliran Tindakan
Aliran
tindakan, juga disebut tepi dan jalur, menggambarkan transisi dari satu negara
tindakan ke tindakan lainnya. Mereka biasanya digambar dengan garis
panah.
Arus Obyek
Alur
objek mengacu pada penciptaan dan modifikasi objek berdasarkan aktivitas. Panah alir objek dari suatu tindakan ke objek berarti bahwa
tindakan menciptakan atau mempengaruhi objek. Sebuah panah aliran objek dari suatu objek ke suatu tindakan
menunjukkan bahwa keadaan aksi menggunakan objek.
Keputusan dan
Cabang
Berlian
mewakili keputusan dengan jalur alternatif. Bila suatu aktivitas memerlukan keputusan sebelum beralih ke
aktivitas berikutnya, tambahkan berlian di antara kedua aktivitas tersebut. Alternatif keluar harus diberi label dengan kondisi atau
ekspresi penjaga. Anda juga bisa memberi label pada salah
satu jalur "yang lain".
Penjaga
Di
UML, penjaga adalah pernyataan tertulis di samping keputusan berlian yang harus
benar sebelum bergerak disamping aktivitas selanjutnya. Ini tidak penting, namun bermanfaat bila jawaban yang spesifik,
seperti "Ya, tiga label dicetak," diperlukan sebelum melangkah maju.
Sinkronisasi
Simpul
garpu digunakan untuk membagi arus masuk tunggal menjadi beberapa aliran
bersamaan. Ini diwakili sebagai garis lurus dan
sedikit lebih tebal dalam diagram aktivitas.
Sebuah
simpul bergabung menggabungkan beberapa arus konkuren kembali ke arus keluar
tunggal.
Mode
garpu dan join yang digunakan bersama sering disebut sebagai sinkronisasi.
Waktu Acara
Ini
mengacu pada peristiwa yang menghentikan arus untuk sementara waktu;sebuah jam
pasir menggambarkannya.
Gabung Event
Acara
gabungan menyatukan beberapa arus yang tidak bersamaan.
Sinyal Terkirim
dan Diterima
Sinyal
mewakili bagaimana aktivitas dapat dimodifikasi dari luar sistem. Mereka biasanya muncul dalam pasang sinyal yang dikirim dan
diterima, karena keadaan tidak dapat berubah sampai respons diterima, seperti
pesan sinkron dalam diagram urutan . Misalnya, otorisasi pembayaran diperlukan sebelum pesanan bisa
selesai.
Mengganggu Ujung
Suatu
peristiwa, seperti pembatalan, yang mengganggu aliran yang dilambangkan dengan
petir.
Swimlanes
Aktivitas
kelompok Swimlanes terkait menjadi satu kolom.
Final State atau
End Point
Sebuah
panah yang menunjuk ke sebuah lingkaran penuh yang bersarang di dalam lingkaran
lain mewakili keadaan tindakan terakhir.
Komentar
Posting Komentar